Rabu, 20 April 2011

Presentasi Proposal Teknis

Pada kuliah hari Senin 12 April ini kita presentasi pertama Proptek. Draft yang dibuat semua kelompok dikumpulkan. Dalam Presentasi Proptek ini ada 3 kelompok yang maju kedepan yaitu kelompok 5, kelompok 1 dan kelompok 4. Presentasi berlangsung seru dengan diskusi dan tanya jawab kelompok.
Setelah presentasi selesai Bu Arti menjelaskan kekurangan dalam proposal tekniknya. Hal-hal yang masih perlu diperbaiki yaitu :

1.      Bab 1 Pendahuluan :  

  •    Latar Belakang : justifikasi harus jelas
  •        Tujuan : merupaka tujuan dari studio proses perencanaan, bukan tujuan dibuat proptek
  •          Sasaran : merupakan output antara
  •          Ruang lingkup : apabila hanya focus pada satu desa, lebih baik ruang lingkup wilayah dibuat focus ke mikro tidak usah ada makro.
  •          Kerangka kerja : harus didasarkan pada tujuan dan diketahui permasalahannya

2.      Bab 2 Profil Wilayah Studi : Gambaran umum wilayah makro maupun mikro seharusnya tidak hanya menjelaskan letak geografis tetapi juga apa fungsi atau kelebihan wilayah studi tersebut dalam posisi geografis yang dimilikinya. Konstelasi ruang menjelaskan hubungan keterkaitan antara wilayah studi kelurahan dengan wilayah kecamatannya serta persebaran perekonomian dan aspek-aspek lainnya. Karakteristik fisik dan non fisik harus berisi informasi yang ada tidak hanya data-data eksisting.

3.      Bab 3 Rancangan Kegiatan : Data yang dibutuhkan dalam kebutuhan data harus berhubungan dan terkait dengan tujuan yang akan dilakukan. Harus diberi sasaran setiap data yang dicari. Teknik pengambilan sample seharusnya dihitung dan dissuaikan kebutuhan. Dalam analisis menggunakan alat perencanaan  seperti SWOT atau log frame. Harus dibagi wilayah amatan dalam wilayah studi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar