Selasa, 08 Maret 2011

All About "Gambaran Wilayah"



Ruang Studio, 7 Maret 2011

Happy Monday kawan-kawan….!!! 
Kali ini adalah pertemuan ketiga kami dengan studio, dan tentu saja kami bertemu dengan Bu Mada untuk tutorial rutin setiap hari Senin. Pada tutorial tugas besar kali ini kita membahas tentang “GAMBARAN WILAYAH”. Pertama yang dilakukan yaitu Bu Mada membagi kertas kotak kecil warna pink kesetiap kelompok masing-masing sekitar 6 kertas. Buat apa tuh?? Kertas yang dibagi bukan untuk dilipat-lipat seperti anak TK, hehe, tapi untuk tempat mencurahkan apa yang ada dipikiran kami tentang apa sih yang termasuk dalam Gambaran Wilayah. Semua anak dalam kelompok kami berpikir, berpikir dan berpikir, kemudian setiap kelompok cepat-cepatan berlomba menempel kertas pink yang berisi jawaban gambaran wilayah ke kertas kalkir yang sudah ditempel di papan tulis. Waaahhh… seru banget.. temple-tempelan rebutan tempat sampai bingung membacanya. Ada jawaban yang sama, ada yang hampir mirip, semua ditempel hingga tempatnya full.

Semua sudah ditempel, lalu Bu Mada menyuruh Imam yang didampingi Dian buat menyusun kertas-kertas tempelan di whiteboard. Setelah semua disusun Bu Mada menyuruh kita mengklasifikasikannya, munculah 4 klasifikasi yaitu fisik, non-fisik, internal, dan eksternal.  Untuk mengklasifikasikannya Bu Mada dibantu dengan Izzan (ketua kelompok kita loh..!!hehe) yang didampingi Titi maju didepan. Disaat sedang mengelompokkan terjadi perdebatan yang seru antar kelompok, ada yang tidak setuju dengan adanya klasifikasi internal-eksternal karena membuat “galau” beberapa gambaran wilayah seperti perekonomian, dan pariwisata yang bingung karena itu termasuk internal dan eksternal. Akhirnya setelah berdebat lama, diambil kesepakatan mengklasifikasikan hanya fisik dan non-fisik, tanpa internal dan eksternal.
Hasilnya adalah seperti ini :

Gambaran Wilayah
  • Fisik : karakteristik wilayah, akses, lokasi, batas lokasi, tata guna lahan, infrastuktur, geografis, fasilitas dan potensi SDA
  • Non-fisik : lifestyle, perekonomian, pariwisata, sosial-budaya, SDM, mata pencaharian, system pemerintahan, karakteristik penduduk.

Setelah semua setuju akan jawaban dipapan tulis, kita diberi waktu 15 menit untuk Kegiatan Mandiri yaitu browsing di internet untuk mencari data gambaran wilayah. Kami segera mencari computer kosong dan browsing. Sembari semua sibuk dengan mencari data, setiap perwakilan kelompok disuruh maju kedepan satu-satu untuk menceritakan progress apa saja yang sudah dilakukan dan akan dilakukan kelompoknya. Akhirnya waktu habis dan kita selesai studio, kami tidak langsung pulang namun membagi tugas untuk masing-masing anak yang tak lain adalah mencari data tentang gambaran wilayah yang dibahas di ruang studio tadi. Dan kami sepakat untuk kumpul mengerjakan tugasnya sore hari jam 3 di kost Anggun. We're so happy on this situation !


4 komentar:

  1. ayolah besok si santi suruh bawa tahu aci yang banyakk lagi hahaha :D

    BalasHapus
  2. ayuk ah capcus survey skalian travelling ke karimun jawa \(^.^)/

    BalasHapus
  3. yuukk,,,, come on guys....
    ke kerimun jawa bawa tahu aci
    wakakaakaaa

    qta ambil kec tahunan aja yg deket pantai...
    :)

    BalasHapus
  4. mau ke pantai? boleh...
    mau ke karimun jawa? boleh...

    apa aja boleh :)

    BalasHapus