Selasa, 15 Maret 2011

JUSTIFIKASI WILAYAH dan PEMILIHAN WILAYAH STUDI

Hello world! Hello calon-calon Planner :) 
Seperti biasa, setiap hari Senin adalah jadwal kami untuk berdiskusi secara berkelompok mengenai seluk beluk Kabupaten Jepara sebagai wilayah studi Mata Kuliah Studio Proses Perencanaan. Senin, 14 Maret 2011 adalah jadwal kami untuk berdiskusi tentang justifikasi wilayah studi setiap kelompok masing-masing juga pemilihan wilayah studi secara mikro (desa) bagi tiap kelompok. Berikut hasil review kami:
Kelompok 1 memilih DESA PENGKOL, KECAMATAN JEPARA.
Alasan Kelompok 1 memilih Kecamatan Jepara karena berpotensi pariwisata yang paling tinggi dibandingkan dengan kecamatan yang lain di Kabupaten Jepara. Kecamatan Jepara juga memiliki penduduk paling banyak dengan kepadatan tertinggi, ditambah dengan letaknya yang strategis (merupakan daerah pesisir) dan memiliki infrastruktur terlengkap. Sedangkan alasan memilih Desa Pengkol karena desa tersebut merupakan titik pusat Kecamatan Jepara dan aksesnya mudah.
Kelompok 3 memilih DESA TAHUNAN, KECAMATAN TAHUNAN
Alasan Kelompok 3 memilih Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan karena dilewati jalur regional sehingga aksesnya mudah. Di Desa Tahunan juga memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. Satu lagi yang menjadi alasan yang menarik adalah karena Desa Tahunan merupakan pusat meubel ukiran.
Kelompok 4 memilih DESA TRASA, KECAMATAN PECANGAN
Alasan Kelompok 5 memilih Kecamatan Pacangan adalah karena di sana terdapat kerajinan industri monel yang sangat terkenal. Selain itu juga terdapat perkebunan karet serta yang paling penting lagi di sana merupakan awal mula adanya industri tenun-trasa.
Kelompok 5 memilih DESA JAMBU, KECAMATAN MLONGGO
Alasan Kelompok 5 memilih Kecamatan Mlonggo karena di sana terkenal oleh home industry-nya seperti pembuatan krupuk dan penghasil kapuk. Untuk pemilihan Desa Jambu karena desa tersebut merupakan pemasok ukiran khususnya alat-alat pembuat ukiran.

Jika Anda cermati, maka Anda melewatkan Review milik Kelompok 2…… yak! Second Group of Studio, itu KELOMPOK KAMIIIIIIIIII!!!!! “Owner” dari blog ini...
Daaaaaaaaaan kami KELOMPOK 2 MEMILIH DESA MANTINGAN DI KECAMATAN TAHUNAN sebagai wilayah studi kami…….
Mau tahu apa alasan kami memilih Desa Mantingan? Yak! Karena di Desa Mantingan merupakan awal mula dari kerajinan ukiran yang diketahui merupakan asset yang sangat terkenal dari Kabupaten Jepara! Selain itu di Desa Mantingan juga terdapat sebuah Makam dan Masjid Mantingan yang sangat terkenal karena usianya yang sudah ratusan tahun. Makan dan Masjid Mantingan ini memiliki banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana oleh event-event Islam khususnya selain tempat peribadatan. Sebenarnya masih banyak alasan kenapa kami memilih Desa Mantingan, dan akan Anda ketahui dalam waktu yang akan dekat ini di blog ini. Tunggu posting-an dari kami berikutnya yaaaaaa
NB : Sekedar info, posting ini dibuat sebelum keputusan antar kelompok untuk memilih desa yang akan FIXED menjadi wilayah studinya, dan kabarnya malam ini adalah keputusan terakhir pemilihannya. Kami sebagai penulis hanya berharap semoga semua kelompok memilih desa yang berpotensi dengan baik, AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar